Post Top Ad

Post Top Ad

-0-

Jumat, 15 Juni 2012

FLS2N 2012, Pendidikan Karakter Melalui Kesenian

Sekitar 1.500 siswa dari 33 provinsi di Indonesia adu bakat seni di Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2011 yang digelar di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Peserta lomba terdiri dari jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, SDLB, SMPLB, SMALB yang telah disaring melalui kompetisi sebelumnya di daeranya masing-masing.

Kegiatan yang kelima kalinya digelar merupakan acara rutin tahunan antara Ditjen Pendidikan Dasar (Dikdas) dan Ditjen Pendidikan Menengah (Dikmen), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Lomba seni ini dibuka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud)  Muhammad Nuh, Senin, 18 Juni 2012 di .... Kota Mataram

FLS2N ini diselenggarakan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bekerja sama Provinsi NTB sebagai tuan rumah. Kejuaraan berlangsung hingga 21 Juni dan tersebar di berbagai hotel yang menjadi pusat penginapan para siswa.

Direktur Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan Dasar (Dit.PPK-LK Dikdas) Mudjito mengatakan tujuan festival ini adalah untuk mengangkat bakat dan potensi yang dimiliki siswa hingga dapat memberikan prestasi dan kebangaan bagi dunia pendidikan menumbuh kembangkan karakter bangsa.

"FLS2N merupakan ajang menggali bakat dan potensi yang merupakan bagian dari pembentukan pendidikan karakter bangsa. Kami berharap siswa-siswa yang memiliki bakat dan juara memperoleh pembinaan dari daerahnya masing-masing. Karena tidak menutup kemungkinan siswa penyandang ketunaan maupun siswa non ketunaan yang berprestasi dari acara tahunan ini akan mewakili Indonesia di tingkat internasional," katanya.

Indonesia kita memiliki siswa mencapai puluhan juta orang. Murid SD saja ada 31 juta, siswa SMP 13 juta dan SMA delapan juta orang.  Meski siswa yang berpartisipasi di FLS2N ini hanya segelintir. Tapi diharapkan setelah mereka pulang ke daerahnya membawa karakter baru.

Ada beberapa tujuan penyelenggaraan FLS2N 2011. Pertama, membina dan meningkatkan kreativitas siswa dalam bidang seni dan sastra. Kedua, menanamkan dan membina apresiasi seni dan sastra, khususnya terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa. Ketiga, membangun karakter bangsa. Keempat, mengembangkan sikap kompetitif dalam diri siswa yang berwawasan global.

Kelima, sebagai sarana promosi potensi siswa kepada dunia industri pariwisata. Keenam, menyediakan wahana kompetensi putra-putri terbaik Indonesia dalam mengembangkan minat dan talenta yang dimiliki khususnya di bidang seni. Ketujuh, mengasah kepekaan siswa  dalam menghargai seni dan karya orang lain.

Sedangkan hasil yang diharapkan, yaitu pertama terciptanya suasana kompetitif yang sehat antarsiswa, antarsekolah, dan antarprovinsi di bidang kesenian. Kedua, terwujudnya pengembangan bakat dan kreativitas bidang seni dan sastra terhadap siswa secara optimal. Ketiga, terwujudnya rasa cinta terhadap nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa. Keempat, terwujudnya sikap toleransi, kompetitif dan jiwa sportivitas siswa. Kelima, terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa yang semakin kuat.

"Pendidikan berkarakter dikaksudkan agar para siswa cinta budaya Indonesia. Dan unsur-unsur sebuah kesenian bisa juga merefleksikan gotong-royong, cinta tanah air dan patriotisme," papar Mudjito.

Berbagai jenis lomba dipertandingan. Untuk jenjang pendidikan SDLB/SMPLB mengikuti tiga jenis lomba yang digelar di Hotel Lombok Raya. Lomba menyanyi diikuti oleh siswa tunanetra. Lomba melukis bagi siswa tunarungu, tunagrahita, tunadaksa dan autis. Lomba cipta dan baca puisi diikuti siswa tunanetra, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras dan autis.

Sementara untuk tingkat SMALB menggelar lomba melukis, desain grafis, pantomim, tari, menyanyi solo, dan tata rias yang dilaksanakan di Hotel Santosa Villas dan Resort Mataram. Sedangkan bagi siswa jenjang pendidikan umum seperti SD, SMP, dan SMA juga diselenggarakan di Kota Mataram di beberapa hotel yang berbeda.[\]

Rahmintama
Media Relations

Tidak ada komentar:

Posting Komentar