Post Top Ad

Post Top Ad

-0-

Kamis, 02 Januari 2014

Lomba Foto-3 Nasional 2014 tentang ABK, PLK dan Pensif


Setelah sukses penyelenggaraan Lomba Foto ABK-1 dan 2 tahun 2012 dan 2013, maka dalam rangka peningkatan pelayanan Pendidikan Khusus (PK) dan Pendidikan Layanan Khusus (PLK) dalam bentuk kepedulian masyarakat terhadap anak-anak berkebutuhan khusus, Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan Dasar (Dit.PPK-LK Dikdas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menggelar untuk ketiga kalinya "Lomba Foto PK-PLK tingkat Nasional tahun 2014" tentang Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Pendidikan Layanan Khusus (PLK) dan Pendidikan Inklusif (Pensif) yang ditujukan kepada pewarta foto, pemerhati pendidikan, pelajar, mahasiswa, guru, dosen dan masyarakat umum.

Agar sesuai dengan tema yang dimaksud di atas maka peserta harus membaca/ memahami tentang siapa saja yang disebut ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) yaitu anak yang mesti dilayani pada PK-PLK sesuai dengan amanat UU Sistem Pendidikan Nasional No.20/2003 Pasal 32 Ayat 1 tentang Pendidikan Khusus (PK) dan Pasal 32 Ayat 2 tentang Pendidikan Layanan Khusus (PLK), silahkan KLIK: Tentang PK-PLK



Petunjuk Teknis, Syarat dan Ketentuan Lomba:

1) Peserta dalam lomba foto dan pameran ini GRATIS atau tidak dipungut biaya. Peserta lomba foto, yaitu peserta dari kalangan jurnalis/wartawan (reporter dan pewarta foto media cetak/online), dan kalangan umum (penghobi fotografi, pelajar, mahasiswa, karyawan/pegawai, guru, dosen, tutor, orang tua, pemerhati ABK dan ABK itu sendiri)

2) Seluruh foto yang diterima panitia merupakan karya sendiri, baik yang telah dimuat di media atau belum pernah disiarkan. Masa/waktu pemotretan dari Januari 2010 hingga 30 Juni 2014. Namun foto-foto yang dilombakan belum pernah menang di-event manapun. Foto yang bukan milik sendiri atau pernah menang di event lain sebelumnya maka akan didiskualifikasi panitia/juri.

3) Foto yang dilombakan diantaranya merupakan gambaran aktivitas ABK (disabilitas maupun non disabilitas) dan anak PLK baik di sektor pendidikan, budaya, hukum, sosial, lingkungan, kesehatan dll.

4) Foto mesti orisinil, masih memiliki exif. Bila ada sedikit cacat diperbolehkan melalukan tusiran/sentuhan olah digital. Namun foto tidak boleh banyak unsur olah digital (seperti kolase/ montase) atau bukan merupakan rekayasa olah digital.

5) Setiap peserta lomba mengirimkan minimal 1 foto dan maksimal 15 foto terbaiknya yang dicetak ukuran 10 RS (254x381 mm). Foto dicetak boleh memakai kertas doff atau glosi. Saat mengirim dengan jasa pos, gunakan media pelindung foto yang baik, sehingga foto tidak mudah terlipat atau tidak mudah rusak sesampai di tangan panitia.

6) Seluruh foto wajib dilampirkan yang ditulis/ diprint di kertas HVS, lalu ditempelkan dibelakang masing-masing foto. Lampiran yang dimaksud adalah:
  • judul foto, 
  • caption photo (keterangan foto yang mengandung 5W+1H ataupun narasi penjelasan terhadap foto yang dilombakan)
  • nama forografer (peserta lomba),
7) Seluruh file foto-foto asli (yang memiliki exif photo) dimasukkan ke dalam CD yang menyertakan pula data-data:
  • Prasyarat point 6 yang diketik di Ms-Word, 
  • Scan identitas diri peserta (KTP/SIM/ Kartu Pelajar/Mahasiswa),
  • Profesi peserta kini (yang diketik di Ms-Word), 
  • Asal media/ institusi peserta bekerja/ lembaga pendidikan (yang diketik di Ms-Word)
  • Nomor ponsel peserta (yang diketik di Ms-Word).
  • File jpeg pas foto diri peserta terbaru (ukuran 4x6 cm atau ukuran poscard resolusi/DPI 300),
  • Alamat lengkap domisili peserta (yang diketik di Ms-Word)
  • Email peserta (yang diketik di Ms-Word)
  • Nomor Rekening Bank peserta + Nama Bank + alamat cabang bank, yang diketik di Ms-Word (kesalahan mencantumkan nomor rekening bank merupakan tanggung jawab peserta itu sendiri) .
Bila syarat point 6-7 ini tidak dikirim, maka materi lomba yang dikirim dari peserta tersebut akan didiskualifikasi.

8) Bila peserta mengirimkan lebih dari satu foto, disarankan foto tersebut adalah foto yang berbeda  terhadap aktivitas ABK dan/atau objek yang berbeda, atau beda bidang sektor (spt pendidikan, kesehatan, sosial, hukum, sosial, dan humaniora lainnya). Namun juri hanya memilih (kurasi) satu foto terbaik/ yang layak diunggulkan dari seluruh foto yang dikirimkan peserta. Hal ini untuk menghindari satu peserta memperoleh dua atau tiga kemenangan, Dengan begitu akan memberikan kesempatan peserta lain untuk memperoleh kemenangan pula.

9) Foto-foto dan CD tersebut diterima panitia mulai 1-15 Juli 2014 via pos (bukan tgl cap pos) atau bisa dikirim langsung ke Dit.PPK-LK Dikdas di, Cipete, Jakarta Selatan. (alamat di bawah ini).

10) Foto akan dinilai oleh fotografer senior yang pernah memperoleh penghargaan dan memiliki kompetensi dibidangnya, pemerhati fotografi dan ABK, serta penilai dari Dit.PPK-LK Dikdas pada Bulan Agustus  2014.

11) Pengumuman pemenang lomba foto dilaksanakan pada September 2014 pada web www.pk-plk.com. Pengumuman pemenang akan diumumkan ponsel peserta. Dan keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

12) Pemenang akan menerima hadiah uang saku, yaitu Juara Pertama Rp8.650.000, Juara Kedua Rp4.100.000, Juara Ketiga Rp2.100.000, dan 10 foto favorit masing-masing memperoleh Rp500.000. (Peserta yang mengirim lebih dari satu foto atau hingga 15 foto, namun hanya satu foto yang dinilai terbaik oleh juri. Artinya peserta hanya memperoleh kesempatan satu pemenang/juara saja. Hal ini agar memungkinkan peserta lain untuk menang/juara). Seluruh hadiah tersebut dipotong pajak.

13) Penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada acara Gebyar PK-PLK pada Bulan November 2014 yang berbarengan dengan acara seleksi lomba vokal, instrument, dan band dan penyerahan pemenang untuk Lomba MenuIis Artikel tentang PK-PLK tahun 014 yang diselenggarakan oleh Direktorat PPK-LK Dikdas, Kemdikbud. (waktu dan tempat menyusul dan informasi via www.pk-plk.com).

14) Foto-foto terbaik akan dipamerkan pada event pendidikan 2014, dan pameran foto akan dilanjutkan di acara GEBYAR SISWA PK-PLK NASIONAL 2014 (waktu dan tempat masih tentatif).

15) Seluruh foto yang dilombakan menjadi hak panitia. Seluruh foto tersebut dapat dipergunakan oleh panitia atau Kemdikbud dalam rangka KAMPANYE PENDIDIKAN atau sejenisnya yang sifatnya NON KOMERSIAL.

16)  Sebagai tempat pengarsipan/galeri foto di dunia maya, dan untuk menambah nilai benefit/nilai ekonomis bagi peserta lomba, maka seluruh foto yang dilombakan akan didaftarkan melalui agency ke bursa website stok foto di Indonesia. (Adapun prasyarat masuk ke bursa stok foto itu dan benefit yang akan diperoleh, diatur sesuai dengan ketentuan layanan pada web tersebut).

17) Foto-foto yang dilombakan dipastikan oleh peserta tidak akan berbenturan dengan hak paten/hak siar/hak publikasi dari pihak lain. Dan apabila dikemudian hari ada tuntutan dari pihak lain, maka hal itu menjadi tanggung jawab peserta, dan tidak dapat dilimpahkan kepada juri atau panitia ataupun Dit.PPK-LK Dikdas. ***

Alamat pengiriman (klik):
Kepada Panitia Lomba Foto ABK 2014.
Subdit Program dan Evaluasi.
Direktorat PPK-LK DIKDAS, Kemdikbud.
Jl Raya Fatmawati, Cipete.Jakarta Selatan.

6 komentar:

  1. Kalau anak ABK boleh ikut lomba fotonya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua peserta boleh ikut lomba ini, termasuk ABK itu sendiri :)

      Hapus
    2. Duh hari gini, pengiriman fotonya kok masih dalam bentuk cetak. Era internet loh..

      Hapus
    3. kenapa harus lewat pos? kan bisa kirim lewat email pak ? ....persyaratannya ribet juga nih...

      Hapus
  2. Boleh tidak pak dishare di blog pribadi?
    ini alamat blog saya...
    http://maliamiruddin57.blogspot.com/

    BalasHapus